ORAY TAPA BANDUNG, KEINDAHAN ALAM & MISTERINYA

Posted on

Pernahkah Anda berkunjung ke Objek Wisata Oray Tapa Bandung? Tempat ini merupakan salah satu spot wisata alam yang berada di wilayah Bandung, tepatnya berada di dalam Desa Mekar Manik Kec. Cimenyan. Oray Tapa mempunyai keindahan alami yang menyejukkan mata berupa hutan pinus yang bercampur dengan pohon cemara dalam satu area. Deretan pohon-pohonnya yang hijau & berbaris rapi mampu merefresh mata kita saat berkunjung kesana. Selain itu beberapa potensi wisata di oray tapa ini diantaranya adalah hutan tanaman campuran, area hutan alam yang cukup luas, Bandung view dari ketinggian dan juga udaranya yang masih terasa sangat sejuk & segar khas pegunungan. Daerah ini juga memiliki sumber air yang masih jernih.

Objek Wisata Oray Tapa Bandung ini berada pada ketinggian sekitar 700 mdpl, memiliki curah hujan yang mencapai 2.000 mm per tahunnya dengan suhunya antara 19 hingga 26 derajat Celsius yang akan terasa cukup dingin mirip dengan cuaca di Lembang, apalagi bagi para wisatawan yang sehari-harinya tinggal di daerah panas. Nama Oray Tapa sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang artinya adalah ular bertapa.

Objek Wisata Oray Tapa Bandung
Image: sebandung.com

Dinamakan demikian karena banyak orang yang menganggap bahwa pemberian nama tersebut karena kontur jalan di tempat tersebut tampak meliuk-liuk layaknya ular yang lagi bertapa. Namun selain itu banyak juga warga sekitar yang menghubung-hubungkannya dengan zaman kerajaan silam. Pendapat tersebut diperkuat dengan cukup seringnya penduduk atau warga di sekitar tempat Oray Tapa Bandung ini banyak yang menemukan barang barang kuno yang di duga sebagai peninggalan bersejarah di zaman kerajaan masa silam.

Sebenarnya sudah banyak juga para peneliti yang membuktikan bahwa di kawasan wisata Oray Tapa Bandung ini terdapat banyak artefak yang merupakan peninggalan penting kebudayaan zaman dahulu kala, akan tetapi hingga saat ini masih belum ada yang tahu dengan pasti & jelas mengenai asal usul Oray Tapa itu sendiri.

Sejak pertengahan September 1997 silam menyebar kisah yang aneh serta sedikit berbau mistis. Yaitu mengenai sumber air yang tiba-tiba saja muncul di saat musim kering & kemarau panjang. Sumber dari mata air inipun menjadi viral & populer di masyarakat lokal ketika ada seorang warga yang sejak lama menderita lumpuh, ia berasal dari Kota Bandung, tepatnya daerah Antapani, ia  datang ke Oray Tapa untuk mandi di mata air yang muncul tiba tiba tersebut.

Objek Wisata Oray Tapa Manglayang
Image: sebandung.com

Sebelum datang ke mata air di Oray Tapa tersebut, ia mengaku mendapatkan sebuah wangsit untuk mandi di tempat tersebut jika ingin sembuh dari lumpuhnya. Dan ajaibnya, penyakitnya bener benar mendadak hilang setelah ia mandi di sana.

Kejadian tersebut membuat 4 orang lainnya tertarik untuk datang ke Oray Tapa Bandung karena menderita berbagai macam penyakit juga. Setelah mandi di sumber air yang muncul tiba tiba tersebut, mereka sembuh juga seperti yang dirasakan warga Antapani sebelumnya. Dan kata warga sekitar, mereka juga mandi di sumber air tersebut dan sewaktu pulang ke rumah masing masing berbagai penyakit yang dirasakannya juga mendadak hilang & sembuh. Apakah hal ini sekedar saja mitos atau bukan, setiap orang termasuk Anda tentu mempunyai pemikiran serta penilaian sendiri, yang jelas dan pasti adalah Sang Maha Penyembuh itu hanyalah Tuhan saja dengan apapun yang menjadi perantara atau medianya. Lihat juga: Keseruan Di Petik Strawberry Ciwidey

Saat ini beberapa fasilitas untuk para pengunjung yang tersedia di objek wisata Oray Tapa Bandung sudah cukup dapat memberi kemudahan bagi para wisatawan dengan adanya papan untuk petunjuk arah jalan, sebuah loket karcis, tempat parkirnya yang cukup luas, jalan setapak yang nyaman, banyak kursi tersedia untuk bersantai, mushola yang bersih, MCK yang cukup terawat & shelter. Anda tertarik untuk datang kesini? Silahkan datang, buktikan sendiri hal yang membuat Anda penasaran dan bersenang-senanglah!