KOPI AROMA BANDUNG, OLEH OLEH UNIK KOTA KEMBANG

Posted on

Sudah pernah coba enaknya Kopi Aroma Bandung sebagai oleh oleh dari Bandung? Aroma kopi yang satu ini sungguh nikmat & langsung akan terasa pada saat Anda baru memasuki pintu toko Kopi Aroma Banceuy yang berada di Jalan Banceuy nomor 51. Saat makin mendekat ke sumber dari aroma yang khas tersebut, ternyata bersumber dari kopi arabica & kopi robusta yang sangat harum dan menarik perhatian bagi siapa saja para wisatawan Kota Kembang yang sedang melintas, terutama bagi para pecinta kopi.

Para pelayan yang terdapat di Kopi Aroma Bandung ini selalu menyambut baik kedatangan siapapun yang berkunjung. Kopi yang beraroma & bercitarasa sungguh nikmat ini merupakan sajian kopi pilihan yang telah disimpan di dalam sebuah gudang dengan jangka waktu cukup lama.

Kopi Aroma Bandung
Image: jualo.com

Sebuah tempat istimewa yang sama sekali tampak tidak berubah sejak tahun 1920 silam inilah yang populer sebagai tempat minum yang asyik bagi para penikmat kopi yang ada di seluruh daerah Indonesia. Gimana tidak, proses pengolahan kopinya yang alamiah masih dipertahankan owner-nya secara turun temurun hingga sekarang, ini membuat para pecinta kopi merasa tidak mau berpaling dari setiap seduhan kopi aroma Bandung. Biji kopi di tempat ini didapatkan dari hasil panen pilihan kopi terbaik.

Kopi aroma Banceuy, yang menjadi oleh-oleh selama berlibur di Bandung ini didatangkan dari berbagai daerah penghasil kopi nikmat di nusantara. Untuk kopi arabica sendiri didatangkan dari daerah Aceh, Medan & Toraja. Sedangkan untuk kopi Robustanya merupakan biji terbaik yang didatangkan dari beberapa daerah di Jawa Barat & Jawa Tengah.

Untuk menghasilkan setiap cangkir minuman kopi yang berkualitas tinggi, pemilik Kopi Aroma Bandung tentu tidak mau main-main di dalam proses pengelolaan biji kopi ini. Untuk menghasilkan biji kopi terbaik, setiap biji kopi langsung mereka jemur di bawah teriknya mentari selama 2 jam. Setelah itu biji kopi arabica akan disimpan di ruangan khusus selama 8 tahun lamanya, sedangkan biji kopi robusta akan disimpan selama 5 tahun. Inilah yang menjadikan kopi aroma Banceuy memiliki cita rasa unik & berbeda dari kopi umumnya. Kopi yang telah disimpan cukup lama akan membuat kualitas kopi menjadi jauh lebih baik & dapat mengurangi kadar asam dari kopinya sehingga membuat orang yang suka meminumnya menjadi tidak mengalami perut kembung.

Penggarangan kopi di tempat ini dilakukan memakai sebuah alat khusus berbentuk bulat yang diproduksi di Jerman, alatnya digunakan sejak tahun 1930. Kopinya digiling selama 2 jam lamanya, ini yang membuat kopi aroma Banceuy menjadi berbeda, karena dengan memakai alat penggilingan modern yang banyak beredar di pasaran saat ini, penggilingan bisa dilakukan hanya dalam 10 menitan saja & itu pun masih menggunakan api, berbeda dengan proses penggarangan kopi yang dilakukan di toko kopi aroma, mereka  masih menggunakan arang sebagai bahan pembakarnya.

Harga Kopi aroma Banceuy
Image: majalah.ottencoffee.co.id

Pak Widya, owner dari Kopi Aroma Bandung yang saat ini merupakan generasi ke 2 tersebut menjelaskan bahwa dirinya menjual kopi ini bukan sekedar untuk mencari uang saja, namun dia berharap apa yang dia perbuat bisa bermanfaat bagi orang banyak. Prinsip kejujuran seperti ini yang telah ditanamkan secara turun temurun dari orang tuanya sendiri, yaitu Tan How Sian & Tjia Kiok Keng.

Diakui oleh Widya, seringkali banyak artis & pejabat datang untuk membeli kopi aroma atau langsung minum di tokonya. Meskipun demikian, Widya tidak pernah membeda-bedakan orang. Baginya, semua orang yang datang berkunjung ke tokonya akan diperlakukan sama, karena dia hanya menginginkan orang-orang bisa menikmati apa yang sejak dulu telah dirintis oleh orang tuanya.

Pak Widya yang juga dalam kegiatan sehari-harinya merupakan dosen di Fakultas Ekonomi Unpad tersebut ingin agar kopi yang ditawarkannya bukan cuma sekadar memiliki kualitas tinggi, namun dia juga berharap usaha toko kopinya ini bermanfaat & barokah, ujar pria yang selalu berpenampilan sederhana tersebut kepada salah satu media online.

Harga Kopi Aroma Bandung

Harga kopi aroma Bandung bermacam macam, untuk kopi Robusta harganya 15.000 rupiah, sedangkan kopi Arabica harganya 20.000 rupiah, sedangkan campuran Robusta dan Arabica harganya 17.000 rupiah.

Selain jenis kopinya yang bisa kita pilih, para pembeli juga bisa memilih sendiri tingkat kehalusan dari bubuk kopinya. Ada 4 tingkat kehalusan kopi yang bisa dipilih, yaitu kopi halus yang tinggal langsung seduh, tingkat medium, tingkat kasar dan kopi yang masih berupa biji. Untuk kopi dengan medium dan kasar sepertinya diminati para penikmat kopi yang punya alat seduh khusus kopi sendiri di rumahnya. Harga kopi aroma Bandung ini memang cukup terjangkau sehingga Anda bisa membelinya cukup banyak sebagai oleh oleh bagi teman & keluarga di rumah. Lihat juga: 5 Tempat Makan Romantis Di Bandung.

Nah, jika Anda yang sering menghabiskan waktu dengan berlibur bersama keluarga di Kota Bandung dan sekitarnya saat wekkend tiba, tidak ada salahnya mampir kesini untuk mencoba nikmatnya Kopi Aroma Bandung dan membawanya sebagai oleh oleh yang sangat spesial & langka.