KEBUN BINATANG BANDUNG, INFO TIKET, REVIEW DLL

Posted on

Kebun Binatang Bandung ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit anak anak di Kota Bandung. Wisata ke kebun binatang memang sering menjadi pilihan warga sekitar Kota Bandung untuk mengisi libur weekend bersama keluarga. Apalagi kalau Anda membawa anak-anak yang usianya sekitar 3 hingga 7 tahun, biasanya mereka akan merasa senang berkeliling melihat berbagai koleksi binatang dari dekat yang selalu bertambah.

Anak-anak juga seringkali menjadi heboh saat berfoto bersama dengan beberapa satwa tertentu yang bisa diajak berfoto, seperti ular, orang utan ataupun burung kakatua. Selain itu, para pengunjung juga bisa menunggangi gajah, menunggang kuda ataupun unta sambil mengelilingi track yang tersedia dan mencoba berbagai wahana hiburan lainnya.

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung sebenarnya lebih dikenal dengan nama Derenten oleh warga Sunda. Menurut laman Wikipedia, Kebun Binatang ini sudah berdiri sejak lama, yaitu tahun 1930 yang saat itu namanya masih Bandung Zoological Park (BZP). Didirikannya Kebun Binatang Bandung yang menjadi favorit bagi anak sekolah dasar ini dipelopori sendiri oleh Direktur Bank Dennis yang bernama Hoogland. Pengesahan Kebun Binatang disahkan juga oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu, pada tanggal 12 April 1933.

Kebun Binatang Bandung 2017 2018
Image: wisatabdg.com

Namun di saat penjajah Jepang menguasai Kota Bandung, tempat wisata Bandung yang satu ini kurang diperhatikan dan cenderung terbengkalai, hingga di tahun 1948 Kebun Binatang ini mengalami rehabilitasi untuk bisa mengembalikan fungsinya sebagai tempat wisata. Di tahun 1956 dengan adanya inisiatif dari seorang tokoh besar kala itu, R. Ema Bratakoesoema, BZP kemudian dibubarkan dan namanya diganti jadi Yayasan Marga Satwa Tamansari, itu di tahun 1957.

Lokasi Kebun Binatang Bandung

Para wisatawan tidak akan kesulitan untuk mencari lokasi Kebun Binatang Bandung. Sebab lokasi Kebun Binatang Bandung ini letaknya berdampingan dengan kampus ITB serta sungai Cikapundung. Tepatnya di jalan Kebun Binatang no 6 – Tamansari Kota Bandung. Kebun Binatang Bandung luas lahannya sekitar 13,5 hektar. Bentuk topografinya memang agak bergelombang, namun hal itu menjadikan tempat wisata di Bandung ini tampak unik & tidak membosankan saat para pengunjung berkeliling.

Dari luasnya yang mencapai 13,5 ha tersebut, dibuat beberapa jenis wahana. Penggunaannya sekitar 18,25% untuk kandang para hewan, sekitar 55,20%-nya untuk area pertamanan & lesehan, 4,7%-nya digunakan sebagai taman ria & kolam perahu, serta sekitar 2,4%-nya sebagai tempat pengolahan sampah. Sisanya dimanfaatkan untuk beberapa bangunan seperti kantor, masjid, teater, museum, aquarium & jalan.

Koleksi Satwa Kebun Binatang Bandung

Jika para pengunjung berlibur di kebun Binatang Bandung bersama dengan keluarga, disana beragam koleksi satwa yang begitu banyak bisa diperkenalkan kepada anak anak, ada sekitar 213 jenis satwa, yang 79 jenis diantaranya termasuk jenis satwa yang dilindungi & 134 jenis yang tidak dilindungi, dan tentu saja koleksi ini terus bertambah.

Kebun Binatang Bandung Map

Koleksi binatang ini ada yang didatangkan dari dalam ataupun dari luar negeri. Namun yang jelas dari waktu ke waktu koleksi satwanya selalu bertambah, entah dikarenakan berkembang biak ataupun didatangkan kembali dari berbagai daerah. Di setiap kandang disini tertulis nama hewan termasuk juga dalam bahasa latinnya, serta asal habitat satwa tersebut & jenis makanannya. Jadi akan membantu Anda saat mengenalkannya kepada anak-anak. Lihat juga: Keseruan Di Saung Angklung Mang Udjo.

Wahana Di Kebun Binatang Bandung

Selain berbagai macam koleksi satwa, kebun binatang juga menyediakan taman taman untuk kita lesehan. Para pengunjung bisa duduk dikursi yang tersedia ataupun menyewa sebuah tikar yang banyak disediakan untuk sekedar membuka bekal makanannya bersama keluarga, tarifnya hanya 10 ribu rupiah & waktunya tidak dibatasi. Dengan banyaknya pohon besar & rindang serta usianya mungkin sudah mencapai ratusan tahun juga banyak sekali tanaman yang tumbuh di sekitar area kebun kebun binatang, membuat para pengunjung merasa nyaman beristirahat sambil melepas lelah setelah kesana kemari berkeliling melihat aneka macam satwa.

Selain fungsinya sebagai pelindung alami bagi para satwa dari panasnya matahari & juga angin, berbagai pohon ini juga melindungi tanah yang ada di areal kebun dari air hujan serta berfungsi sebagai salah satu paru-paru kota.

Selain itu ada juga beberapa taman bermain bagi balita dan anak seperti yang terdapat di taman kanak-kanak, misalnya seperti ayunan & lain-lain dengan tarif masuknya 3 ribu rupiah saja. Ada juga Istana balon atau yang lebih dikenal dengan balon loncat serta balon air yang tarifnya 10 ribu rupiah. Anda juga dapat mencoba menunggangi unta, gajah ataupun kuda dengan biaya sewanya 10 hingga 15 ribu.

Info Kebun Binatang Bandung
Image: www.jotravelguide.com

Naik bebek kayuh sambil bersantai juga bisa Anda coba dengan biaya sewanya 5000 per orang atau memakai perahu dengan tarifnya 3000 rupiah per orang untuk mengelilingi kolam yang cukup luas, ada sebuah daratan ditengah kolamnya yang menjadi rumah beberapa monyet liar yang dibiarkan disana selalu berayun tanpa henti saat siang hari.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto bersama dengan beberapa jenis satwa seperti burung kakatua, ular piton atau lainnya, biasanya ada beberapa orang disekitar area kebun binatang yang menawarkan foto bareng ini pada para pengunjung.

Harga tiket kebun binatang Bandung

Ada tiga buah gerbang yang bisa pengunjung masuki ketika sampai ke area kebun binatang Bandung. Jika ingin tempat parkir yang luas sebaiknya Anda memilih gerbang ke tiga. Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung ini 15 ribu rupiah saja dan pada hari libur pengunjung dikenakan tarif 20 ribu rupiah.

Fungsi Kebun Binatang Bandung

Selain sebagai tempat berlibur, Kebun Binatang Bandung juga sering digunakan sebagai tempat pagelaran seni budaya. Disana Anda akan melihat panggung teater yang lumayan besar di areal kebun yang berada dekat dengan tempat para pedagang makanan & beberapa café.

Tentunya teater yang ada di areal kebun binatang ini memiliki fungsi kebudayaan juga, karena digunakan untuk menanamkan kesadaran pada khalayak akan budayanya sendiri dan menumbuhkan rasa cinta tanah air lewat pengamatan serta pemahaman tentang kekayaan budaya. Dan tidak kalah penting juga pengamatan & pemahaman akan kekayaan flora & fauna.

Kebun Binatang Bandung juga berfungsi sebagai wahana edukatif guna menambah pengetahuan, khususnya tentang fauna. Selain itu, tempat ini bisa dimanfaatkan para peneliti sebagai objek penelitian berbagai bidang keilmuan. Makanya tidak heran di sini selalu banyak anak sekolah berkunjung dari berbagai tingkatan secara berombongan melaksanakan sebagai tugas sekolah, para pencinta satwa dan alam juga sering terlihat melakukan pengamatan beberapa jenis binatang tertentu.

Video by Infobdg TV

Kebun Binatang Bandung juga berfungsi sebagai tempat pengembangan & pelestarian wahana flora dan fauna. Pihak pengelolanya pun selalu berkomitmen untuk menjaga & melestarikan berbagai macam flora dan fauna didalamnya untuk menjaga kekayaan alam. Lihat juga: 22 Wahana Seru Trans Studio Bandung.

Nah, jika berkunjung ke Bandung, sempatkan berkunjung ke Kebun Binatang Bandung bersama dengan keluarga. Dengan berbagai kritikan yang menerpanya akhir akhir ini, pihak pengelola saat ini terlihat terus berbenah agar semakin lebih baik lagi dalam berbagai hal.