KESERUAN DI PUNCAK BINTANG BUKIT MOKO BANDUNG

Posted on

Bersantai sambil menyaksikan indahnya sunset & city light di puncak bintang Bukit Moko Bandung membuat pikiran Kita kembali fresh setelah seharian berkatifitas. Selain itu, disini udaranya masih bersih dan sejuk karena lokasinya memang masih bernuansa alam pegunungan. Datang saja kesini bersama dengan pasangan, romantisme akan bergelayut kembali membuat kebersamaan kalian semakin hangat.

 

Mungkin tidak salah jika terdapat sebuah ungkapan orang tua yang menyebutkan bahwa Tuhan sedang tersenyum ketika Dia menciptakan Tatar Pasundan yang indah. Setidaknya alasan  ini juga yang membuat para wisatawan berbondong bondong karena merasa tertarik untuk datang ke berbagai wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung. Bukit Moko Bandung merupakan salah satu maha karya Tuhan yang indah & menawan. Ya, dari spot dengan ketinggiannya yang mencapai 1.500 mdpl, para pengunung yang datang akan disajikan eksotisnya pemandangan alam yang mampu memanjakan mata. DI saat menjelang sore hari sebelum sang surya mulai terbenam akan terlihat sebuah hamparan luas alam pegunungan dengan latar bagian depannya view Kota Bandung.

puncak bintang Bukit Moko Bandung
Image: nativeindonesia.com

Rute Menuju Lokasi Bukit Moko Bandung

Untuk berkunjung menuju ke Bukit Moko yang lokasinya berada di Desa Cimenyan – Kabupaten Bandung yang sangat indah ini, Anda dapat menempuh akses jalan dari beberapa rute, seperti dari jalur Jalan Bojongkoneng ataupun dari Padasuka. Tepat di bagian atas Bukit Moko ini terdapat sebuah warung yang dinamakan dengan Daweung. Kata daweung ini di dalam bahasa Sunda berarti melamun ataupun merenung. Hal tersebut disebabkan lokasinya yang kerap dipakai oleh para remaja untuk refreshing, bersantai sambil melihat indahnya alam di atas sebuah meja & kursi yang terbuat dari batu.

 

Jika Anda dari arah Bandung, tinggal lanjutkan perjalanan menuju ke arah terminal Cicaheum. Saat sampai di perempatan sebelum lampu merah Cicaheum Anda arahkan kendaraan ke arah kiri menuju ke Padasuka. Jangan takut tersesat, ada petunjuk jalan yang sangat jelas ke arah padasuka (saung angklung udjo). Ikuti saja terus jalan tersebut.

 

Rutenya akan terus menanjak & melalui area perkampungan serta perkebunan milik penduduk sekitar. Selain itu, Anda juga akan melewati area objek wisata Cartil (Caringin Tilu) dengan warung-warung makannya serta view bandungnya yang sudah lebih dulu populer.

 

Trekking Hutan Pinus Di Bukit Moko

Buat Anda yang berjiwa petualang, Bukit Moko juga memiliki arena tersendiri. Disana, Anda bisa trekking hutan pinusnya yang luas. Sajian hijaunya pohon-pohon pinus berbaris dengan rapi & indah, beberapa di antaranya punya daun yang warna warni. Siang menuju sore hari menjadi waktu yang tepat untuk trekking di jalur hutan pinus kawasan Bukit Moko karena suhu udaranya sangat sejuk.

 

Sunset Di Bukit Moko Bandung

Mendekati waktu sunset atau matahari terbenam, Bukit Moko ini kembali akan memanjakan mata para pengunjung dengan sajian indahnya pemandangan alam yang begitu luar biasa. Hamparan langit tatar pasundan yang terkena bias cahaya senja menjadikan moment matahari tenggelam sebagai waktu yang paling ditunggu oleh para pengunjung. Para wisatawan yang datang & tidak ingin melewatkan momen indah ini akan langsung mengabadikannya dengan kamera.

 

City Light Kota Bandung Di Bukit Moko

Eksotisme view Kota Bandung dari ketinggian di bukit Moko ini belum berakhir sampai di sana. Saat suasana menjelang malam, giliran eksotisnya hamparan lampu-lampu yang ada di Kota Bandung yang akan memanjakan mata karena seolah tampak seperti gugusan bintang terlihat jelas terhampar dari ketinggian Bukit Moko ini.

 

Puncak Bintang Di Bukit Moko

Memutuskan untuk berkunjung di malam hari menjadi yang tepat saat naik ke puncak dan berburu bintang. Dengan luasnya hamparan ladang & perbukitan yang indah, para pengunung bisa leluasa berburu bintang dan berfoto dengan latar belakang city light kota Bandung di malam hari. Tidak heran jika puncak dari Bukit Moko ini dinamakan dengan Puncak Bintang, jaraknya sekitar 200 meter dari bukit Moko dan tempatnya tentu lebih tinggi.

 

Sebuah sarana baru di puncak bintang telah selesai dibangun untuk kenyamanan pengunjung. Namanya adalah dermaga bintang, ini merupakan fasilitas berupa dek yang cukup besar dan tinggi juga, dari atas dek ini pandangan pengunung akan sejajar dengan pucuk dari pohon-pohon pinus, sehingga menjadi spot foto yang indah & instagramable.

 

Fasilitas Di Bukit Moko

Meskipun aksesnya tidak mudah ditaklukan dengan memakai kendaraan karena tanjakannya yang cukup hebat, tapi Bukit Moko juga punya fasilitas memadai untuk para pengunjung seperti mushalla, toilet, hiking track, tempat beristirahat & area kemping lengkap dengan fasilitas toiletnya yang siap digunakan.

 

Anda bisa parkir di area parkir bagian bawah ataupun yang di dekat warung daweung. Ada juga beberapa warung lesehan yang menyajikan makanan enak sambil beristirahat. Kalau hanya ingin ngemil, bisa mencoba pisang bakar coklat keju khas Bukit Moko yang ditemani juga dengan segelas teh panas. Lihat juga: Wahana Bermain Seru Di Dago Dream Park.

 

Camping Ground Bukit Moko

Buat para pengunung yang mau berlama-lama stay di Bukit Moko, ada juga beberapa area camping ground yang dapat Anda tempati. Dengan membayar biaya sewa tenda & kayu bakar, Anda bisa bermalam dengan udara dingin khas Bukit Moko. Makin seru lagi dengan hadirnya kehangatan api unggun, jadi rasa dinginnya bisa terkikis dengan perlahan.

Puncak bintang Bukit Moko di Bandung
Image: touristspotsinasia.blogspot.com

Untuk kemping di Puncak Bintang Moko ini tarifnya adalah 20 ribu per orang. Untuk parkir kendaraan bisa ditempatkan di parkiran warung daweung. Tarif parkir khusus peserta camping sendiri adalah 15 ribu untuk motor dan mobil 25 ribu. Tarif bisa berubah sesuai sikon ^_^

 

Saat jelang tahun baru, tempat kemping disini dipenuhi banyak orang, bis sampai 1500 orang yang kemping disini, jadi jika Anda mau berkemah saat tahun baru sebaiknya datang dari sebelumnya agar kebagian tempat yang nyaman. Dan sebaiknya Anda membawa peralatan kemping sendiri ya agar lebih nyaman karena sangat sedikit saja yang menyewakan tenda disini.

 

Sunrise Indah Di Bukit Moko

Jika Anda mau sedikit bersabar, jangan turun dulu. Dari atas puncak bintang Bukit Moko, Anda bisa menikmati sensasi hangatnya sunrise di pagi hari. Warna langitnya yang jingga & indah bisa Anda temui, masih dengan latar belakang hamparan view kota Bandung dari atas. Embun pagi yang menyergap tiba-tiba menjadi kesegaran tersendiri bagi yang datang berkunjung ke puncak bintang Bukit Moko. Lihat juga: Eksotisme di Bukit Bintang Dago – Kota Bandung.

 

Harga Tiket Masuk Bukit Moko

Harga tiket masuk Bukit Moko ini adalah 15 ribu rupiah. Sedangkan jika Anda ingin ke puncak bintang, maka harus membayar tiket masuk lagi 8 ribu rupiah & kalau mau ke warung daweung dikenakan tiket lagi sebesar 10 ribu. Biaya parkir 5 ribu untuk motor & 10 ribu untuk mobil. Semua tarif ini bisa berubah sewaktu waktu.

Nah jika Anda sudah seharian berlibur mengunjungi berbagai macam tempat perbelanjaan, wisata kuliner & mengunjungi wahana menarik lainnya, mampirlah dan refreshing di puncak bintang Bukit Moko Bandung, tempat yang menyajikan view eksotis Kota Bandung dari tempat yang cukup tinggi serta menawarkan keindahan alam yang luar biasa sebagai destinasi wisata alternatif untuk melepas penat pikiran.